Pages

Monday, June 4, 2012

[GAME REVIEW] Re:Alistair++

http://www.sakevisual.com/realistair/rea_side.jpg



Creator: Sakevisual
Genre: Slice of life, Otaku culture 
Game Type: Dating Sim, Status Raising 
Platform: Windows, Mac, Linux 
Other: FREE English Otome Game!

Summary
http://www.emocutez.com
Player akan berperan sebagai Merui,
seorang gadis SMA yang sangat suka video game, terutama MMORPG favoritnya, Rivenwell Online. Game berawal dengan gangguan dari seorang user di Rivenwell Online bernama “Alistair” yang mencuri Rare Item darinya di dunia maya itu. Bersamaan dengan jalan cerita, Merui menyadari bahwa   “Alistair” adalah seseorang dari sekolahnya. Jadi tujuan Merui adalah: membongkar kedok “Alistair” dan membalas dendam di dunia nyata! Walau akhirnya sesuatu berakhir dengan cinta. 

Merui dengan username RuiOfTheSword (tengah) dengan FionaWings (kiri) dan Alistair (kanan) dalam game Rivenwell Online

Gameplay
http://www.emocutez.com
Game berpace singkat ini memiliki sistem Stat Raising Game, dimana di sini kita tidak hanya sekedar membaca dan memilih alur cerita saja seperti visual novel kebanyakan, namun setiap karakter cowok yang ada memiliki syarat parameter sendiri. Parameter tiap cowok ini bisa kalian cari sendiri ataupun sedikit (?) mengintip dari web resmi Sakevisual http://www.emocutez.com

Karena dalam game ini setiap cowok memiliki kriteria nya sendiri, maka kita harus membuat Merui mencapai tingkat status tertentu agar bisa mencapai ending karakter tujuanmu yang tentu saja membuat Re-Alistair jadi lebih interaktif dan lebih terasa effort dalam memainkannya.

Memang gameplaynya dinilai tidak terlalu rumit karena kita hanya bertanggung jawab atas 3 status saja yaitu: Intelligence, Social Reputation, dan Network Reputation. Kombinasi yang tepat akan mengantarkanmu pada ending yang kamu inginkan. Namun juga harus kalian perhatikan bahwa hanya ada 30 hari dalam game ini, sehingga jangan terlalu terlena untuk mencoba segalanya dan akhirnya malah melupakan tujuanmu sebenarnya. 

Status Screen yang dilengkapi Chibi Merui yang imut

Ingatlah rule klasik yang selalu dipakai dalam memainkan semua Dating Game:
http://www.emocutez.comTentukan pilihanmu pada satu cowok saja!http://www.emocutez.com
Ya, jangan two timer! Karena bagaimanapun kita akan berakhir dengan SATU cowok atau TIDAK SAMA SEKALI. Kalau memang mau mencoba semua cowok, mainlah berkali kali! (tapi ingat juga tugas sekolah, tugas kuliah atau kerjaan kantor yang juga menunggu kalian)

Lalu yang terakhir perhatikan di Status Screen paling bawah ada keterangan MONEY. Uang ini dipakai untuk membeli Key Item yang memberikanmu karcis ekstra untuk mempermudah mendapatkan hati pasangan idamanmu, jadi rajin – rajinlah bekerja kawan! http://www.emocutez.com


Graphic
http://www.emocutez.com
CG, Sprites dan GUI garapan tooaya (http://tooaya.deviantart.com/ ) di game ini cukup cantik untuk dinikmati.  IRL Background dibuat oleh Studio Mugenjohncel (http://studiomugenjohncel.wordpress.com/) sedangkan Rivenwell Online Background dibuat oleh sake-bento a.k.a Ayu Sakata (http://www.ayusakata.com/). Perpaduan grafis mereka bertiga tidak saling tumpang tindih namun membuat sebuah ambience yang baik untuk game ini, terutama memacu semangat para player untuk membuka semua cutscene 3 karakter cowok yang cukup ganteng


Main Menu yang disajikan dalam Re:Alistair++ ini

Secara Interface, game ini terkesan simple dan bersih. Cukup ergonomis untuk dibaca namun kurang komunikatif di interface utama, karena button yang ada harus di mouse-over dulu agar kita tahu bahwa itu adalah sebuah button dan memiliki kegunaannya masing – masing.

in game HUD, no mouse-over (kiri) dan setelah di mouse-over (kanan)

Tapi yang paling menyenangkan adalah melihat character building yang terbentuk. Tidak biasanya karakter protagonist memiliki “wajah”, dimana biasanya dalam otoge kebanyakan para cewek tokoh utama selalu muncul dengan wajah tertutup poni rambut dan terlihat tanpa ekspresi. Hal ini memberikan angin segar karena ekspresi – ekspresi lucu sering diperlihatkan oleh Merui di kiri bawah layar.

Satu dari berbagai ekspresi Merui

Dan tentu saja soal cowoknya! Ya, Di sini ada 3 cowok yang pasti kita temui, yaitu Shiro dengan tipe anak baik (menurutku mendekati shota), Derek (tipe easy going dan anak nakal) dan Travis (tipe megane, cool, tsundere XD). Secara tipe character building yang aku suka, aku memberi ranking  1 pada Travis, 2 untuk Derek, 3 buat Shiro. Namun secara grafis, Derek lebih unggul dari Travis, karena pada beberapa adegan kunci muka Travis justru terlihat imut dan bukan muka cool sesuai dengan dialog dan storyline yang ada. Sedangkan Derek dari awal sampai akhir memiliki ekspresi dan identitas wajah yang sama sehingga aku bisa menikmati permainan tanpa merasa canggung.
    
 

Tentukan cowok pilihanmu sekarang! Shiro (kiri), Derek (tengah) atau Travis (kanan) atau ketiganya!?!?
Tapi overall, game ini memiliki art yang manis dan sangat pantas untuk dimainkan! Terutama gambar chibi Merui yang menghiasi Status Screen dan Exit Window yang dibuat dengan sangat detail dan rapi.


Conclusion
http://www.emocutez.com
Re:Alistair++ adalah game dengan Art yang manis, berbahasa Inggris dan yang terpenting: Gratis! Termasuk game yang memiliki pace cepat karena jalan cerita hanya berlangsung selama 30 hari game dengan character development yang cukup klise namun nyaman diikuti. Dengan Pertimbangan itulah game ini sangat cocok untuk para player pemula yang baru ingin mencoba memainkan Otoge dan belajar mengatur strategi dalam Status Raising Gameplay. Perlu diingat bahwa game ini adalah game perdana dari Sakevisual, sehingga segala kekurangannya patut dimaklumi, bahkan perlu diberi pujian.



Download

 http://www.emocutez.com
Sesuai Janji, ini adalah link download sah dari Sakevisual:
       http://www.sakevisual.com/realistair/download.html
Kalau ingin melihat faq, walktrough dan fanart bisa dilihat juga langsung di web Re:Alistair++:
Untuk Otoge yang lebih banyak lagi bisa diperiksa di web Sakevisual:
       http://www.sakevisual.com/


http://www.emocutez.comOke, selamat bermain! Mungkin suatu saat kalian bisa bercerita banyak soal cowok - cowok Re:Alistair++ ini denganku 

5 comments:

  1. hem.. belum pernah terjun di otome game... nyoba ga ya?
    lalalala~ kasihan Elwin..

    ReplyDelete
  2. aaa...akhirnyaaa..makasii o(*w*)o

    ReplyDelete
  3. Ahahaha, apa sih gadis >w< monggo dicoba~ Irty aja ketagihan lho~

    Silahkan dicoba chibiii~ <3 (^w^)/

    ReplyDelete
  4. suda cobaaa..ughh..gagal teruss..tpi tdi udah dapet ciuman pipi'na shiroo o(>w<)o wawaaa.. 1. shiro 2. travis 3. derek :3 << tipe yg aku sukaa *gapenting*

    ReplyDelete
    Replies
    1. di web aslinya kan ada walktrough nya kan? kalo udah desperate pake itu aja, hahaha
      oh ya, semangat buat KPP nya yaa~ aku menanti lho (^w^)/

      Delete