Pages

Thursday, June 21, 2012

[GAME REVIEW] Tokimeki Memorial Girl’s Side 3rd Story


This flower, it's the fairy key.

It's the fairy key that will grant you only one wish. If you think of someone with your heart, it will definitely take you to that person.

I will search for the fairy key. Even though you're going somewhere far away, we will definitely meet again... ... I will pray so that we will meet again.

Publisher: Konami

Genre: Slice of life, School Life
Game Type: Status Raising
Platform: DS, PSP



SUMMARY


Seperti semua game Tokimeki Memorial Girl’s Side sebelumnya, 3rd Story dimulai dengan tokoh utama yang memulai sekolahnya di Habataki High. Dia sebelumnya tinggal di daerah itu namun pindah rumah ketika masih kecil. Saat menghampiri gereja di belakang sekolah, tempat dimana dia biasa bermain dengan kedua teman masa kecilnya, dia bertemu dengan Sakurai Ruka. Lalu diikuti dengan pertemuan tokoh utama dengan kakak dari Ruka, yaitu Sakurai Kouichi. Belakangan sang tokoh utama mengetahui bahwa mereka berdua berada dalam satu sekolah yang sama dengannya dan menjadi teman sekelas dalam tiga tahun kedepan.

GAMEPLAY
Beberapa perbedaan gameplay di Tokimeki Memorial Girl’s Side 3rd Story ini cukup banyak namun tidak merusak ketenaran dari TokiMemo itu sendiri, malah menambah tantangan dan menghindari kebosanan player. Berikut adalah perbedaan yang ada di dalam game ini:

DOUBLEDATE
aku lupa dapat dari mana gambar ini, yang jelas gambarnya manis sekali

sistem doubledate memungkinkan kita untuk berkencan dengan dua karakter pria sekaligus. Biasanya Doubledate berakhir dengan Love Mode, dimana kalian bisa pulang bersama dan selagi di perjalanan kalian bisa menyentuh dan melakukan skinship dengan kedua pria tersebut.



CLOTHING



Pemakaian pakaian agak berbeda di Tokimeki Memorial Girl’s Side 3rd Story ini. Tidak hanya menjadi lebih stylish, namun ada level yang membuat kita bisa mengeksplor style berpakaian kita lebih jauh.

MINI GAME
ada beberapa mini game baru yang disajikan, yaitu Push Giant Ball dan Toss Beanbags yang ditambahkan pada event festifal olahraga. Dan minigame yang paling susah, Making Valentine’s Chocolate, berubah sistem. Daripada mengaduk ke kanan dan kiri coklat lelehmu, di sini player berjuang mendekorasi coklat sesuai dengan kesukaan para cowok incarannya.

CLUB ACTIVITY

Kegiatan klub sepertinya mengalami perkembangan di seri kali ini. Walau mungkin sistemnya sama namun setidaknya ada beberapa klub tambahan yang kita pilih. Kira - kira list dan rinciannya seperti di bawah ini:

Baseball
Increase: Fitness, Social, Stress
Decreases : Arts, Style, Charm
Meets: Taiyou



Tennis
Increase: Arts, Fitness, Social, Charm, Stress
Decreases : Intelligence
Meets: None

Volleyball
Increase: Fitness, Social, Stress
Decreases : Intelligence
Meets: Karen

Rhythmic
Increase: Fitness, Arts, Social, Charm, Stress
Decreases : None

Band
Increase: Intelligence, Arts, Social, Stress
Decreases : Fitness
Meets: Seiji (hanya di tahun ke 1 dan ke 2)

Art
Increase: Arts, Social, Style, Stress
Decreases : Fitness
Meets: Miyo

Handicraft
Increase: Arts, Social, Style, Stress
Decreases : Fitness, Charm
Meets: None

Student Council
Increase: Intelligence, Arts, Social, Stress
Decreases : Fitness, Charm
Meets: Tamao (hanya di tahun ke 1 dan ke 2)

Judo (tersedia jika kalian bertemu dengan Arashi)
Increase: Fitness, Social, Stress
Decreases : Style, Charm
Meets: Arashi, Junpei

PART TIME JOBS
Masih seperti Tokimeki Memorial yang sebelum - sebelumnya, ada beberapa part-time jobs yang bisa kita ambil untuk menambah uang kita. Dimana uangnya akan kita pakai tidak lain tidak bukan untuk membeli baju agar bisa melihat wajah tersipu si cowok waktu melihat penampilan kita yang manis menurut mereka.

GRAPHIC dan CHARACTER BUILDING
Bila digambarkan dengan satu kata, yaitu: Sempurna.
Sepertinya Artwork pada Character di seri kali ini cukup matang dan tentu saja diikuti dengan character building pada storyline yang mantab, apalagi di sini interaksi antar characternya lebih sering dimunculkan sehingga karakter terlihat semakin hidup. Pada Tokimeki Memorial Girl’s Side 3rd Story Premium Edition, karakternya memiliki gestur luwes pada setiap pergerakannya sehingga terlihat sangat nyata. Untuk Premium Edition, bisa dilihat Trailer nya pada video di bawah ini. WARNING: kalian akan sangat sangat SANGAT menginginkan ini!


Untuk yang masih penasaran siapa saja cowok yang dateable di Tokimeki Memorial kali ini maka ini dia gambarnya! Silahkan!!!
Atas, dari kiri ke kanan: Sakurai Ruka, Sakurai Kouichi, Fujiyama Arashi
Bawah, dari kiri ke kanan : Konno Tamao, Shitara Seiji, Niina Jyunbei

CONCLUTION
Setelah beberapa lama akhirnya Konami memunculkan lagi seri Tokimeki Memorial Girl's Side dengan gebrakan baru. Sengaja dibuat untuk menggaet "pelanggan lama" dengan menampilkan setting SMA Habataki yang sangat nostalgic. Terutama Himuro Sensei yang terlihat semakin tampan walau sayang tidak dateable. Walau begitu sistem double date dan perbaharuan gameplay lainnya merupakan langkah yang tepat  bagiku, dimana selagi bernostalgia kita disuguhkan sesuatu yang lebih menantang.

Satu yang kurang dari game ini hanyalah: BAHASANYA! Ya, andai Konami mau meluncurkan game ini dalam bahasa Inggris. Karena banyak sekali orang di luar sana yang tidak bisa berbahasa Jepang tetapi sangat ingin memainkan game ini. Agak sayang jika makna dan rayuan dari setiap karakter cowok di sini kurang tertangkap hanya karena masalah bahasa.

No comments:

Post a Comment