Pages

Thursday, June 21, 2012

[CODEX] Tokimeki Memorial The Begining

Sebelum meluncurkan Otome Game, Sebenarnya Seri Tokimeki Memorial adalah sebuah seri GalGe atau Dating Game untuk laki - laki. Mungkin kalian sudah mengetahuinya, tapi apakah kalian tahu perkembangannya saat itu betapa digandrunginya dating game ini sampai - sampai dibuat animenya. Ayo kita menyusuri waktu sejenak dan melihat perkembangan Tokimeki Memorial versi GalGe.


Pertama - tama, apakah kalian tahu apa itu GalGe?

A bishojo game (美少女ゲーム, literally "pretty girl game"), or gal game (ギャルゲーム, often shortened to "galge"), is "a type of Japanese video game centered on interactions with attractive anime-style girls". These games are a sub-genre of dating sims targeted towards a heterosexual male audience.
(http://en.wikipedia.org/wiki/Bishojo_game)



yah, kira - kira seperti itu. Dan Brief singkat di wikipedia tentang Tokimeki Memorial adalah:

Tokimeki Memorial (ときめきメモリアル, lit. "Heartbeat Memorial") is a popular dating simulation series by Konami. It consists of 6 main games in addition to a large number of spin-offs. The games are notable in the dating sim genre for being highly nonlinear. Their nickname amongst their fans is the contraction TokiMemo.
(http://en.wikipedia.org/wiki/Tokimeki_Memorial_(series))


Gameplay Overview
Seperti yang sudah kalian ketahui, ciri khas dari seri Tokimeki Memorial adalah gameplaynya yang kompleks. Bahkan pada masa awal peluncurannya, bisa dikatakan ragam gameplay yang mencolok hanya satu namun cukup membuat pusing para player. Tapi kalaupun kita ingin mengambil benang merah, pola gameplay TokiMemo yang dipakai hingga sekarang adalah scheduling, dating dan status building. Player harus mengatur waktu mereka, antara mengajak kencan karakter yang diincar dan meningkatkan skill mereka di sekolah dan olahraga (yang nantinya akan sangat diperlukan untuk mencapai good-end dari karakter yang diincar). Satu kali permainan terangkum dalam tiga tahun masa sekolah (dalam hal ini SMA), kira - kira menghabiskan 5 sampai 10 jam permainan. Dan bila memainkan dengan benar, di akhir adalah saat dimana karakter dengan love meter tertinggi menyatakan cinta mereka kepada player.
Inilah yang menjadi senjata utama Seri Game Tokimeki Memorial untuk menembus hati para playernya.

Sekarang ayo kita berjalan melewati waktu sambil mengintip apa saja seri GalGe dari Tokimeki Memorial ini dan apa yang terjadi di setiap produksinya.

TOKIMEKI MEMORIAL 1
1994, PC Engine



Tokimeki Memorial 1 sempat menduduki posisi 23rd Best Video Game Of All Time pada tahun  2006 berdasarkan pooling pembaca majalah Jepang, Famitsu, dan menjadi satu - satunya dating game yang masuk nominasi tersebut.

Game pertama dari seri Tokimeki Memorial ini mengejutkan para player dengan sistem “bomb” nya. Dimana saat karakter wanita yang ada diabaikan, mereka bisa menjadi marah dan bergosip jelek ke teman - teman mereka tentang player (tokoh utama) dan membuat love meter menurun. Di tengah permainan, saat player mengenal banyak player wanita, maka sistem bomb ini menjadi masalah utama player dimana harus mengatur strategi agar bomb ini tidak meledak dan membuat love meter gadis incaran menurun. Inilah sistem yang membuat Tokimeki Memorial diingat banyak orang.


TOKIMEKI MEMORIAL 2
1999, PlayStation



Pada hari peluncuran gamenya, Famitsu memberi skor game Tokimeki Memorial 2  ini 33 / 40
Tokimeki Memorial 2 ini diluncurkan dalam 5 CD, menampilkan grafis yang tak tertandingi dan ditambah fitur voice acting dan sebuah sistem baru berupa “Emotional Voice System” atau EVS, yang membuat para karakter gadis di sana mampu mengucapkan nama sang player. Game ini menjadi sangat digandrungi di Jepang, Walau gameplaynya masih mengikuti template yang sama seperti seri pertama, tapi dengan modifikasi tantangan bomb yang lebih dipermudah dan lebih menggali pada pemecahan tantangan dari setiap gadis yang ada menghasilkan strategi yang berbeda dari setiap permainan.


TOKIMEKI MEMORIAL 3
2001, PlayStation2



pada hari peluncuran gamenya, Famitsu memberi skor game Tokimeki Memorial 3  ini 34 / 40
Game ke tiga ini menjadi dating game pertama yang memiliki efek 3D untuk karakter wanitanya. Walau begitu banyak fans yang kecewa karena penampilan karakter gadis yang walaupun well-animated tapi tidak terbuat dengan baik seperti karya 2D sebelumnya, ditambah lagi dengan gameplay yang lebih disederhanakan padahal nilai jual dari Tokimeki Memorial adalah gameplaynya yang kompleks.



TOKIMEKI MEMORIAL ONLINE
2006, PC
Game ini merupakan game MMORPG dari Seri Game Tokimeki Memorial. Untuk memainkannya, player harus memiliki Free Konami ID dan membeli account key dari Konami dengan Japan-issued credit card atau  semacam WebMoney (Paypal, e-Gold). Konami mengumumkan akan memadamkan server game tersebut pada 31 Juli 2007.

Namun, sejarah MMORPG Tokimeki Memorial ini tidak hanya sampai di sini saja. Anime Tokimeki Memorial Only Love merupakan Anime yang didasari oleh Game MMORPG Tokimeki Memorial ini. Produksinya pertama kali diiumumkan dengan pembukaan situs resminya pada 24 Februari 2005, dengan beta tester pertama dilakukan pada bulan Agustus 2005.

Yang menarik adalah salah satu usaha sebagai media pemasaran, Konami membangun sebuah Tokimeki Internet Cafe di daerah Harajuku, Tokyo, Jepang. Konsep Internet Cafe ini dibuat semirip mungkin dengan ruang kelas yang ada di game Tokimemo itu sendiri.


TOKIMEKI MEMORIAL 4
2009, PSP, Mobile Phones

merupakan seri game Tokimeki Memorial pertama yang memasuki console dengan portable system (PSP)
Game terbaru ini menampilkan kembali Tree of Legend - Pohon Legenda - dari Tokimeki Memorial seri pertama, bersaamaan dengan kembalinya setting Kirameki High School. Waktunya adalah 15 tahun setelah Tokimeki Memorial 1. Baru - baru ini para penggemar game ini terdorong untuk mengirim surat kepada developernya, Konami, untuk memberikan suasana lokal pada game mereka. Tanggapan Konami saat ini cukup terbuka, namun masih terkesan dipandang sebelah mata.

Walau banyak seri turunannya, tapi secara garis besar produksi Tokimeki Memorial non-Otoge terdiri dari 5 game ini. Mungkin Tokimeki Memorial Girl's Side bisa dibawa menuju kejayaan yang sama seperti ini oleh Konami. Mari kita berdoa dan berharap semoga mereka meluncurkan Tokimeki Memorial Girl's Side versi bahasa inggris, jadi kita tak akan merasa bersalah menambahkan english patch yang tidak asli dari developernya.

No comments:

Post a Comment