Pages

Thursday, June 21, 2012

[GAME REVIEW] Brother Conflict


Publisher: IDEA FACTORY, Otomate
Genre: Slice of life

Game Type: Status Raising
Platform: PSP
Release Date: April 10, 2010

http://www.emocutez.com
Jadi, pada beberapa bulan yang lalu seorang senpai di kampus memberitahuku soal sebuah game baru yang akan dirilis beberapa saat setelahnya. Begitu masuk ke web Otomate, aku melihat segerombolan pria yang katanya adalah saudaraku. Sambil menahan keinginanku untuk membeli PSP (aku benci emulatorku) maka inilah reviewnya!


Summary
”Pernikahan kembali ayah menyebabkan aku mempunyai banyak saudara baru. Nama margaku pun berubah menjadi “Asahina”. Kini aku harus tinggal bersama saudara saudara lelakiku dalam satu apartemen. Namun, kehadiraku sebagai satu – satunya cewek di apartemen ini tidak kusangka akan menimbulkan brother conflict. Apa yang akan kulakukan jika terjadi persaingan dalam memperebutkan aku? Persaudaraan atau Percintaan? Akankah ada yang kupilih?”



Kira – kira begitulah isi summary yang sempat kubaca di web otomate ini. Yap, sepintas membaca “Apa yang akan kulakukan jika terjadi persaingan dalam memperebutkan aku?” itu sangat menyebalkan sampai membuatku mau muntah, http://www.emocutez.com seolah aku melihat diary seorang cewek narsis yang belum memulai segala sesuatunya sudah membayangkan yang tidak – tidak. Tapi kalau mengingat ini kalimat promosi dan kita menempatkan diri sebagai sosok yang mengatakan summary di atas rasanya tidak terlalu buruk. http://www.emocutez.com

Oke, maka player akan berperan sebagai Ema, seorang gadis SMA yang terpaksa tinggal dengan keluarga Asahina sejak orang tuanya menikah lagi. Di sini kita bisa mengharapkan sebuah percintaan satu atap dengan para saudara angkat kita yang beragam mulai dari anak SD sampai lelaki mapan yang sudah bekerja.

Gameplay
Seperti biasa, kita memasukkan nama kita dahulu sebelum memulai game

Secara gameplay pertamanya kupikir cuma sekedar visual novel biasa. Tapi sesaat setelah melihat web brother conflict ternyata game ini terbagi menjadi dua part, yaitu Adventure Part yang seperti visual novel biasa dan Simulation Part yang menentukan kegiatanmu selama seminggu! 


Jadi, permainan ini berlangsung selama 1 tahun. Di dalamnya akan muncul cerita dasar dan event – event tertentu oleh para karakter, dimana Adventure Part dan Simulation Part tadi berguna untuk meningkatkan parameter keberhasilan game. Tipe gameplay ini mengingatkanku akan Tokimeki Memorial Girl’s Side, dan tentu saja ini membuatku sangat bersemangat!


1. Adventure Part
Dalam Adventure Part ada 3 jenis event, yaitu Base Event, Love Event, dan Group Event:
Base Event
Merupakan kejadian – kejadian yang merupakan inti dari storyline. Dalam seri Passion Pink maupun Brilliant Blue polanya sama.
layar awal ketika kira baru memasuki permainan

Love Event
Event yang berupa adegan pemain utama bersama dengan salah seorang cowok incaran yang juga saudara kita.
Salah Satu saudara kita yang dateable, Masaomi, si dokter anak

Group Event
Kejadian yang berlangsung bersama beberapa saudara sekaligus. Untuk kemunculannya diperlukan Love Meter tertentu. Kejadian ini dapat muncul pada kedua tipe game baik Passion Pink maupun Brilliant Blue.

Multiple Choice
Multiple Choice merupakan salah satu cara untuk meningkatkan Love Meter. Selain itu juga bisa untuk meningkatkan Family Meter.
Jawaban manakah yang tepat?

2. Simulation Part
Jadi inti dari simulation part adalah kita menjadi sosok Ema yang menjalani hari – harinya sebagai seorang siswi SMU, dan sekali jalan kita akan merencanakan schedule Ema setiap seminggu sekali.
Kegiatan yang disediakan ada tiga macam, yaitu Family Activity: melewati hari dengan semua saudara, Date : menjalankan kegiatan hanya berdua dengan salah satu saudara, dan terakhir Stay Alone : menjalani hari sendirian. Pilihan yang tersedia antara hari libur dan hari kerja pun berbeda – beda.

Pelaksanaan Schedule
Schedule yang dipilih akan secara otomatis berlangsung. Jika memilih Family Activity maka Family Level akan naik. Dan jika memilih Date maka Love Level yang akan naik.

Date
Menu Date bisa dipilih jika ada hari libur, dalam pilihan kegiatan “Date”. Caranya cukup datangi kamar salah satu saudaramu, lalu ajaklah dia pergi kencan. Jika berhasil, akan muncul beberapa pilihan tempat untuk kencan seperti : Sea World, Zoo, Theme Park, Shopping, Movies, Park.
Ketuk kamarnya dan ajak dia kencan!
Ketika kencan akan keluar beberapa pilihan. Dengan pilihan yang tepat, maka Love Meter bisa bertambah. Hal ini mengingatkanku akan gameplay Tokimeki Memorial.
Multiple Choice yang muncul saat kencan



Stay Over
http://www.emocutez.comApa? Ada Opsi Stay Over?!?!? Itu yang pertama terpikir dan aku langsung hiperaktif. Jadi, ketika suatu syarat terpenuhi, pada malam hari libur player bisa menginap di kamar salah satu saudara. Hal ini hanya muncul pada saudara yang Love Meternya tinggi.
Pertama – tama pergilah ke salah satu kamar saudaramu. Pada kanan atas layar akan muncul mood saudaramu hari tersebut. Baik – buruknya mood saudaramu akan mempengaruhi keberhasilanmu dalam meminta tolong sesuatu.
Merayu dengan penuh strategi (haha)

Pada bagian kanan atas terdapat pilihan emotikon ketika memohon sesuatu. Dari keempat pilihan tersebut, pilihlah yang paling cocok dengan sifat saudaramu tersebut agar Love Meter meningkat dan kamu diperbolehkan menginap.
Jika dalam meminta tolong kamu berhasil, maka selanjutknya kamu bisa menginap di rumah saudaramu. Harus diingat kalau percakapan yang terjadi ketika menginap akan meningkatkan Love Meter juga.
aku masuk kamarnya!


Family Activity
Pilihan ini bisa dipilih pada hari libur, dalam opsi “Family Activity”
Ajaklah seorang saudaramu berbicara. Jika berhasil mengajak, maka kalian sekeluarga akan pergi bersama ke suatu tempat seperti Sea World, Zoo, Theme Park, Shopping, Movies, Park (tempatnya sama seperti tujuan kencan). Pada saat Family Activity berlangsung, akan ada beberapa Multiple Choice yang bisa meningkatkan Family Meter.
Di dalam taman dengan para cowok ganteng ini, siapa yang tidak mau!?

Graphic
Pertama kali melihat character designnya kupikir ini adalah salah satu seri terbaru dari Starry Sky karena cara penggambaran mata karakternya yang mirip. Walau begitu kita bisa melihat sebuah gesture yang lebih menawan dari artwork garapan Udajo ini. Palet warna yang soft dan penggambaran paras para lelaki yang cukup halus khas shoujo manga ini memang cukup enak dilihat. Walau menurutku penggambaran drapery dari baju para karakternya masih kalah dibandingkan dengan artwork Hakuouki karya Yone Kazuki.

Aku iriiiiiiii (>_____<)

HUD yang tidak saling bertabrakan dan Background yang dibuat sangat detail dan perspektif yang tepat ini semakin membangun ambient yang menyegarkan. Kupikir tidak ada yang kurang dari graphic game ini kecuali beberapa warna yang menurutku agak menusuk mata seperti warna pada tanggal di kanan atas dan beberapa sentuhan biru dan pink yang cukup vivid di sekitar HUD. Namun, overall aku cukup memuja graphic game ini. Dapat dilihat sebuah kerja keras seorang professional di dalamnya dan tidak ada ekspresi yang aneh dari para cowok ganteng ini.

Conclution
http://www.emocutez.com
Siapa yang meragukan Otomate dalam berkarya. Banyak dari karya – karya publisher ini menjadi terkenal sampai dibuat berbagai versi Drama CD dan Anime nya. Dalam Brother Conflict inipun sepertinya kita pantas mengharapkan sesuatu yang besar dari nya karena selain gameplay yang cukup interaktif dan menantang, kita juga disuguhkan cukup banyak pilihan cowok yang menanti untuk direbut hatinya. Apalagi para seiyuu yang cukup cakap (bisa didengar sample suaranya di web asli Brother Conflict) dan hal ini semakin membuatku berharap agar emulator PSP ku lebih bersahabat denganku, atau setidaknya agar seseorang membelikanku sebuah PSP. 

Download
Kalian bisa mendownload iso Brother Conflict di sini:
Dan mungkin yang penasaran akan web aslinya Brother Conflict bisa dilihat di sini, sedikit banyak aku menyadur dari web ini:

No comments:

Post a Comment