Pages

Saturday, June 16, 2012

[IN DEPTH CHARACTER] Okita Shouji: Hakuouki VS Real Life!

http://www.emocutez.comHai apa kabar~ aku hampir menjadi sarden, tapi kuliah tinggal sedikit lagi, aku harus berjuang! Jadi, tiba - tiba aku teringat akan tugas Infografis sewaktu mata kuliah illustrasi pada semester tiga kemaren. Rasanya sayang kalau tidak membagi sedikit ilmuku waktu membuat infografis itu kepada kalian.

Ya, Aku mengambil tema Okita Shouji: Hakuouki VS Real Life! Karena pada masa itu aku baru saja menyelesaikan rute Okita dari game Hakuouki Shinsengumi Kitan, dan aku jadi penasaran sebenarnya bagaimana sosok sebenarnya dari Okita Shouji yang sering didambakan ini. Apalagi banyak komik, anime bahkan otoge yang menampilkan pesona Okita ini dengan sosok yang menimbulkan jeritan girang para gadis.
Oke, aku sedikit berbagi layouting Infografisku di sini:



Dulu rasanya senang sekali membuat ini, apalagi waktu harus menggambar fan art Okita! Walau sampai terlambat sehari buat mengumpulkannya karena aku merasa muka okita yang kubuat kurang sempurna. (dan nilai asliku di minus karena keteledoranku, haha). Jadi, mungkin ini adalah beberapa ilmu yang kudapat dari hasil membaca beberapa buku tentang Shinsengumi, melihat beberapa komik, catatan sejarah, dan browsing beberapa web dari yang berhuruf latin sampai kanji.  Untuk menghindari kebingungan, maka tulisan berwarna hitam kubuat untuk fakta - fakta kehidupannya sesungguhnya dari Okita Shouji dan tulisan warna hijau adalah Okita Shouji versi Game Hakuouki.

BIODATA:
Okita Souji (沖田 総司)
1842/1844 - 19 Juli 1868
Lahir : 1842 / 1844, di mansion klan Shirakawa, Edo, Jepang
Meninggal : 19 Juli (kalender bulan 30 Mei) 1868, Edo, Jepang
Bersumpah Setia Kepada: Keluarga Okita, Shinsengumi, Kondou Isami
Jabatan:  1. Fukuchou Jokin (Asisten Wakil Komandan Shinsengumi)
              2. Kumichou Ichibantai (Kapten Pasukan 1 Shinsengumi)
Pertempuran: Ikedaya, Perang Boshin (Peperangan Toba-Fushimi)

Dia adalah Kapten Pasukan Pertama Shinsengumi yang sangat fenomenal bahkan sampai sekarang. Kisah hidupnya penuh semangat dan tragis dimana dia berjuang meniti jalan hidupnya sebagai bushi sambil memerangi penyakit TBC yang merenggut nyawanya. Karenanya, banyak manga (komik), anime, film dan novel yang memunculkan sosoknya.


http://www.emocutez.comDi Anime Hakuouki, Okita Souji termasuk salah satu tokoh yang eyecatching karena Yone Kazuki sebagai character designer cukup apik membawa sosok Okita Souji menjadi seorang pria tampan. Walaupun anime tersebut lebih mengangkat Hijikata Toushizou sebagai tokoh utama prianya, tidak bisa dipungkiri sosok Okita yang manis ini menyihir banyak fans wanita.

PERSONALITY:
Sangat jarang seorang Okita Souji bersikap serius. Saat di Kyoto dia selalu penuh dengan senyum, bercanda dan membuat semua orang tertawa. Selera Humornya sudah melegenda, sampai hari – hari terakhirnyapun dia tetap tersenyum dan membuat lelucon tentang penyakitnya.

http://www.emocutez.comNamun dia menjadi sangat serius ketika bertarung, bahkan sangat kejam. Dia juga menjadi tidak sabaran, kasar, dan sangat disiplin ketika mengajar kenjutsu, membuat murid – murid di dojo lebih takut kepadanya ketimbang Kondou sendiri.


Selain itu, catatan sejarah mengatakan Okita menyukai anak kecil dan sering terlihat dia menemani anak kecil bermain sewaktu berada di Kyoto. Dia juga sering tidak menghabiskan makanannya dan suka bebersih.


APPEARANCE:
Okita tercatat memiliki kulit yang gelap, bahu yang lebar, dan kurus bahkan jauh sebelum dia sakit dia memiliki mulut yang lebar dan dikatakan memiliki muka ikan pari. Tingginya diperkirakan sekitar 166cm – 170cm. Suaranya tipis dan tinggi.

Tidak ada bukti foto tentang tampang sang Okita Souji ini, namun ada sebuah lukisan menggunakan cucu kakaknya sebagai model. Ada pernyataan Yagi Tamesaburo terhadap foto seorang samurai tak bernama yang cocok dengan deskripsi fisik Okita Souji.

TIMELINE:
Kira - kira timeline perjalanan hidup Okita seperti berikut ini. Sekali lagi kuingatkan, tulisan berwarna hitam adalah timeline kehidupannya sesungguhnya dan tulisan warna hijau adalah timeline Otoge Hakuouki versi Anime yang mengikuti rute Hijikata (kalian yang penasaran dengan rute Okita Shouji sesungguhnya silahkan mainkan sampai habis ya...): 



1842/1844
Lahir dengan nama Okita Soujiro Fujiwara no Harumasa (沖田宗次郎藤原春)
1850/1852
Bergabung dengan Shieikan, dojo perguruan Tennen Rishin dalam usia 9 tahun. Di sinilah Okita bertemu dengan Kondou Isami yang sangat dipujanya.

???
Mengalahkan instruktur kenjutsu dari klan Shirakawa dalam usia 12 tahun

1860
Menguasai semua teknik  Tennen Rishin
Mendapat Sertifikat Menkyo Kaiden di perguruannya dalam usia 18 tahun

1861
Menempati posisi Jukutou (Kepala Instruktur) di Shieikan
Okita sangat ketat dan menjadi tidak sabaran dalam mengajar kenjutsu kepada murid – muridnya, kedisiplinannya membuatnya lebih ditakuti daripada Kondou Isami.

1862
Mengajar kenjutsu di beberapa dojo di Edo
Pertengahan Juli: sempat sakit serius sewaktu mengajar di rumah salah satu muridnya
Diduga ini penyebab system imunnya melemah dan terserang TBC

1863
Mengganti namanya menjadi Okita Souji Fujiwara no Kaneyoshi (沖田総司藤原房良)
Menjadi salah satu anggota pendiri Shinsengumi
Okita termasuk anggota Shinsengumi termuda kedua setelah Todou Heisuke
Menempati jabatan: Fukuchou Jokin (asisten wakil komandan)

1863
Terlibat dalam pengeksekusian faksi Serizawa 
  Okita bersama Saito Hajime dan Hijikata Toshizou menyelamatkan Chizuru dari para rounin dan tim Rasetsu saat berpatroli.


1864
8 Juli: Ikedaya Jiken (Peristiwa Ikedaya), Okita termasuk dari beberapa anggota Shinsengumi yang menggerebak masuk ke rumah Ikedaya, dan sempat roboh di peristiwa ini.
RUMOUR: robohnya Okita karena TBC yang dideritanya.
Okita bertarung melawan Kazama Chikage dari klan Oni di Ikedaya, dan melindungi Chizuru yang berada di sana sebagai pembawa pesan. Okita terluka karena serangan Chikage, bukan Karena TBC.
Okita yang terluka tidak hadir dalam Peristiwa Kinmo no Hen

Kimno no Hen: 
peristiwa pembunuhan besar – besaran di Kyoto karena pimpinan klan Chousuu tewas dan anggota Chousuu yang tersisa membuat pemberontakan di Kyoto, menyebabkan Chousuu dianggap sebagai musuh kaisar.

Musim Gugur: Okita mendapat giliran memasak makan malam untuk pasukan, Harada Sanosuke dan Saito Hajime yang memakannya berpendapat makanan yang dibuat Okita terlalu asin dan pekat.
Karena TBC membuat indera pengecap kurang peka, hal ini menunjukkan Okita sudah mulai terjangkit TBC pada saat itu.


1865
Menempati jabatan: Kapten Pasukan 1 dan sebagai instruktur kenjutsu.
Okita menggantikan tempat Yamanami Keisuke, Kapten Pasukan 1 yang melakukan seppuku.
Okita menggantikan Yamanami (Sannan) sebagai Kapten Pasukan 1
Yamanami Keisuke tidak meninggal, namun karena meminum Ochimizu dan menjadi Rasetsu, dia tidak bisa menunjukkan wujud di depan publik lagi, dan secara tertulis Yamanami dikatakan meninggal. Okita membantu menjaga rahasia ini.
Ditunjuk Kondou Isami sebagai master kelima perguruan Tennen Rishin setelah dirinya.
Saat Okita berpatroli, dia bertemu Nagumo Kaoru yang sosoknya sangat mirip dengan Chizuru.
Okita mulai sering terlihat batuk – batuk sampai mengeluarkan darah sejak saat itu.

1867
Pertengahan musim gugur: TBC yang dideritanya semakin parah Saat ini dia masih tersenyum dan menjadikannya sebuah lelucon. Dr.Matsumoto menyuruhnya untuk beristirahat namun Okita malah memilih tetap bekerja bersama Shinsengumi karena di medan peranglah dia merasa sangat hidup.

Dr.Matsumoto mendiagnosis Okita mengidap penyakit TBC. Okita menyuruh Chizuru yang mengetahui rahasia ini untuk tidak memberitahukannya kepada anggota Shinsengumi yang lain.
Okita menceritakan model rambutnya yang meniru Kondou Isami yang dihormatinya kepada Chizuru
Okita sangat menhormati Kondou Isami bahkan menganggapnya seperti saudara sendiri.
Ditengah sakitnya, dia didatangi Nagamo Kaoru di tengah malam dan disodori Ochimizu sebagai obat untuk penyakit TBC nya.

1868
Januari: Pertempuran Toba-Fushimi, tetap tinggal di Kyoto bersama Kondou Isami karena penyakitnya yang semakin parah.
Mengunjungi Sato Hikogoro di Hino sebagai anggota Koyo Chibutai, namun harus kembali ke Edo karena penyakitnya.
Setelah pertempuran Toba-Fushimi,Okita dirawat di Rumah Sakit Matsumoto Ryoujun.
Pindah dirawat di rumah Kakaknya, Okita Mitsu bersama suaminya (Okita Rintarou) dan anak – anak kakaknya.

Di hari - hari terakhirnya, Okita selalu menanyakan keadaan Kondou Isami, namun tidak ada yang mengatakan bahwa Kondou Isami telah ditangkap dan dieksekusi.
Okita yang mengetahui kematian Kondou mulai marah dan menantang Hijikata berduel karena dia pikir Hijikata meninggalkan Kondou dengan senang hati. 

19 Juli (kalender bulan 30 Mei) 
Okita Souji meninggal di Edo karena TBC tanpa ada seorangpun yang hadir saat kematiannya.
Okita meninggal 2 bulan setelah kematian Kondou Isami

RUMOUR: Sesaat sebelum kematiannya, Okita diisukan berusaha membunuh kucing hitam di halaman rumah tempatnya dirawat menggunakan pedangnya, namun sebelum dia membunuh kucing itu, Kapten Pasukan Pertama Shinsengumi ini sudah tidak bernyawa lagi.
LEGEND: Kucing hitam dipercaya sebagai tanda kematian bagi penderita TBC pada saat itu


Okita meninggal ketika melawan sekelompok prajurit yang ingin membunuh Hijikata.
karena badannya yang sudah lemah karena TBC dan efek Ochimizu yang semakin merusak dirinya. Akhirnya dia mencapai batasnya dan kekuatan Rasetsu menggubah tubuhnya menjadi debu. Yang tersisa darinya hanyalah katananya.


Okita Souji dimakamkan di Kuil Sensou-ji, Tokyo, menggunakan nama lahirnya. Saat ini pemakaman ini hanya dibuka untuk publik pada bulan Juni tiap tahunnya.

Mungkin untuk kalian yang newbie dalam hal ini, kalian bisa lihat apa itu hakuouki di bawah ini.
Apa itu Hakuouki (薄桜鬼) ?


Hakuouki awalnya adalah game produksi Idea Factory yang ditujukan untuk pemain wanita dengan judul Hakuouki Shinsengumi Kitan. Karena popularitasnya, game PS2 ini mulai menjalar ke console – console lain seperti PSP, dan NDS, serta dijadikan Drama CD, manga dan Anime. Animenya sendiri sudah memasuki Season II sejak Oktober 2010. Di Hakuouki, para anggota Shinsengumi mengenal Ochimizu, obat yang memberi kekuatan luar biasa kepada yang meminumnya, namun menjadikan tubuh mereka yang meminumnya menjadi seperti vampire.

Dan ini kira - kira orang yang bekerja dibalik layar untuk animenya:
GENRE: Adventure, Action, Romance, History
TAYANG PERDANA: 3 April 2010
ANIMATION PRODUCTION: Studio DEEN
DIRECTOR: Osamu Yamasaki
CHARACTER DESIGN: Atsuko Nakajima (Anime), original design by Yone Kazuki (Game)
SOUND DIRECTOR: Yoshikazu Iwanami
THEME SONG PERFORMANCE:
- Aika Yoshioka (OP)
- Mao (ED)

SINOPSIS :

Di penghujung jaman Edocerita bersetting 3 tahun setelah era Bunkyuu (1861.2.19 – 1864-2.20).

Tokoh utama bernama Yukimura Chizuru, putri seorang dokter yang bekerja di Edo. Ayahnya meninggalkan Edo untuk bekerja sebagai sukarelawan di Kyoto tanpa membawa serta Chizuru. Seiring berjalannya waktu, Chizuru mulai khawatir karena kehilangan kontak dengan ayahnya, maka dia memutuskan untuk pergi ke Kyoto untuk mencari sang ayah. Dalam perjalanannya, Chizuru diserang oleh beberapa rounin dan menyaksikan pertarungan antara Oni (iblis) dan Shinsengumi. Pihak Shinsengumi mengurung Chizuru karena melihat sesuatu yang seharusnya tidak dia lihat. Saat menginterogasi Chizuru mereka mulai mengetahui bahwa dia adalah putri dari dokter yang juga sedang mereka cari. Maka mereka memutuskan untuk melindungi Chizuru dan membantunya mencari ayahnya. Hakuouki menyuguhkan cerita romantis dengan latar belakang sejarah dan politik.
Kalau Shinsengumi (新選組?
Shinsengumi (新選組) adalah korps kepolisian negara yang dibentuk untuk menjaga keamanan ibu kota Kyoto pada era Bakumatsu di Jepang. Semasa Perang Boshin, Shinsengumi berperang di pihak Keshogunan Tokugawa. Kepala korps dijabat Kondō Isami.

Sebagai penjaga keamanan Kyoto, Shinsengumi berada di bawah administrasi Kyoto Shugoshoku (pelindung Kyoto) pimpinan Matsudaira Katamori (daimyo Domain Aizu). Korps ini beranggotakan sekitar 60 orang samurai. Selain menjadi tugas Shinsengumi, tugas menjaga keamanan Kyoto juga dibebankan kepada Kyoto Mimawari-gumi. Berbeda dari Kyoto Mimawari-gumi yang beranggotakan gokenin dan hatamoto, anggota Shinsengumi diambil dari para ronin (termasuk petani dan penduduk kota) dari Aizu. Berdasarkan kedudukannya sebagai korps nonreguler, Shinsengumi sering dijuluki sebagai "kelompok pembunuh dari faksi sabaku (pendukung keshogunan)". Mereka dituduh bertanggung jawab atas Peristiwa Ikedaya, dan berbagai pembunuhan, termasuk terhadap kelompok radikal pendukung slogan Sonnō jōi ("dukung kaisar, usir orang barbar") yang menggunakan Kyoto sebagai tempat persembunyian, dan ronin pelaku kriminal.


Pimpinan korps termasuk Kondō Isami sendiri terlibat perebutan kekuasaan di dalam korps Shinsengumi, dan akhirnya tewas dibunuh oleh musuh. Anggota Shinsengumi banyak yang dipecat karena melawan peraturan, tewas setelah duel pedang dengan anggota organisasi shishi, atau dieksekusi setelah dipecat.

http://www.emocutez.comJadi setelah kalian tahu seluk beluk mengenai Okita Shouji, tidakkah kalian  merasa semakin mencintainya? Kalau aku SANGAT CINTA! 

No comments:

Post a Comment